Jumat, 21 Desember 2012

coretan tinta kisah warna dan warni

  • anak ni raja - boru ni raja 

saya terpikir kenapa orang batak menyebut dan menggelari baik anak laki-laki ataupun perempuan dengan raja dibelakangnya pada hal belum tentu garis keturunan berdarah raja tetapi dari keluarga biasa-biasa saja.bersambung
  • kenali dulu jati dirimu 

sejarah ialah bagian dari kehidupan manusia dari masa lalu-sekarang-akan datang,tanpa sejarah manusia itu tidak akan mengenal jati diri dan apa tujuan hidup sekarang dan akan datang...siapa bilang sejarah itu tidak penting,,sejarah mengajarkan kita bijak dalam melihat kehidupan ,berguna bagi banyak orang dan bernegara..dasar dari segala ilmu itu ialah sejarah, mungkin anak dari ilmu lain seperti: ekonomi,politik,bahasa,matimatika,fisika-kimia,teknik-teknologi,arsitek,hukum,dan lainnya mengatakan saya ahli dalam bidang ilmu nya tapi belum tentu tau sejarah dari ilmu yang mereka pegang,banyak orang dan terutama negara kita ini menyepelehkan sejarah dengan memandang kuno,jadul,kurang diberikannya ruang dibandingkan ilmu lainnya pada hal dinegara lain sejarah adalah tombak dari sebuah negara yang seharusnya bagi negara kita ini sudah harus merubah dan jelas bukan abu-abu agar generasi muda dapat mengenal lebih dekat lagi seberapa jauh pentingnya sejarah itu bagi kehidupan sosial bermasyarakat juga negara dan seharusnya kurikulum memberi ruang jelas dalam pendidikan nasional yang belakangan mau ditiadakan bagi tingkat SD,,pada hal banyak guna dan manfaatnya untuk generasi sekarang dalam mengenal jati diri. 

  • masa lalu

tak penting siapa dulu kita dan bagaimana kita.entah dulu kurang sekolah dan tidak sekolah,anak nakal,miskin, bangkrut atau apapun kondisi kita dahulunya.yg pnting adalah siapakah kita hari ini dan apa tujuan yg akan kita raih ∂ï hari esok..karena dalam hidup manusia adalah rentetan panjang sejarah hidup yg hanya dimiliki manusia saja ,menjadi pandangan hidup yg memotivasi manusia sebagai manusiawi..

  • Perang Budak Ketiga

Perang Budak Ketiga, disebut juga Perang Gladiator dan Perang Spartacus oleh Plutarkhos, merupakan pemberontakan budak melawan Republik Romawi yang terjadi pada tahun 73-71 SM. Perang ini merupakan pemberontakan budak terakhir di Romawi, setelah sebelumnya terjadi beberapa kali pemberontakan budak, secara keseluruhan dikenal sebagai Perang Budak Romawi, yang tak berkaitan. Perang Budak Ketiga, seperti semua pemberontakan budak yang terjadi sebelumnya, berakhir dengan kegagalan. melihat sisi lain perang budak ,apakah manusiawi kah

  • .  jomblo wati

apa yang salah jika wanita memilih jomblo seumur hidup ataupun masih jomblo,saya mencoba dari sudut pandang saya ,,, mungkin bisa banyak faktor yang membuat dia memilih keadaan seperti itu..kondisi,mungkin masa lalu dirinya,kegagalan,karir,tersakiti atau keluarga kadang bisa menjadi pergumulan antara hati,masa depan atau karir.pilihan itu kadang sulit diterima oleh kelompok sosial masyarakat yang menganggap itu penyakit atau masalah besar, pada hal itu adalah pilihan hidup seseorang yang seharusnya dihargai ,apa lagi dizaman sekarang tuntutan hidup,pekerjaan dan waktu yang tidak ada untuk diri sendiri menjadikan faktor kepenatan dalam diri seseorang dan semakin melupakan kesempatan demi kesempatan yang datang dan seiring usia bagi seorang wanita tak ada pilihan menutup dirinya lalu beralih menyibukkan dengan segala pekerjaan dan memilih membahagiakan keluarga besarnya dengan membohongi hati kecilnya dan menganggap diri adalah wanita hebat sebagai obat penghibur batinnya(bersambung)

  • .apa y perbedaan waria dan gay..
Perilaku waria dan gay adalah HomoSexWal Gay orientasi ketertarikan nya kepada sesama jenis (lelaki), namun wujud (gaya)nya ada yang maco dan feminim,namun sifat dan tingkah lakunya tetap sebagai lelaki utuh.sedangkan Waria atau juga banci orientasi ketertarikanya kepada sesama jenis (lelaki) namun wujud,sifat dan tingkah lakunya seperti (berusaha) seperti perempuan,dan berusaha mengenakan apa yang digunakan perempuan kebanyakan, perasaan dan kejiwaannya lembut seperti wanita banget.mungkin penglihatan saya waria lebih berani membublikasijan jatih diri mereka ditempat umum namun sebagai perempuan walaupun tetap tidak seutuhnya menjadi wanita normal yang mengandung dan Haidm gay termasuk konitas tertutup dan ada pula yang menikah dengan wanita seutuhnya dan sebagian mungkin mempunyai masa lalu yang kelam seperti trauma penjabulan dimasa kecil,gagal dalam pernikahan,perpisahan orang tua,krisis ekonomi,ikut-ikutan yang akhirnya kecanduan dan keterusan.

  •  TRANSGENDER
Setiap manusia dilahirkan ke bumi ini sudah pasti diciptakan Tuhan untuk saling berpasang-pasangan. laki-laki berpasangan dengan perempuan, begitu juga wanita berpasangan dengan pria. Itu kodrat, hal yang sudah digariskan dari sananya.TRANSGENDER / Transseksual ialah mendeskripsikan orang yang merasa, berpikir atau terlihat berbeda dari jenis kelamin yang ditetapkan saat mereka lahir. "Transgender" tidak menunjukkan bentuk spesifik apapun dari orientasi seksual orangnya, umumnya seseorang yang mengidap penyakit ini sudah diketahui gejalahnya sejak masih kecil, jika seorang anak laki-laki selalu senang bermain dengan mainan anak perempuan, atau selalu kecenderung bermain dengan seorang anak perempuan, atau sebaliknya. jika mereka dewasa mereka lebih tertarik untuk memilih pasangan hidupnya sesama jenis kelamin. tetapi gelaja-gejala ini belum bisa dikatakan akurat 100%. orang-orang transgender dapat saja mengidentifikasikan dirinya sebagai heteroseksual, homoseksual, biseksual, panseksual, poliseksual, atau aseksual apalah itu bahasa kedokterannya definisi yang tepat untuk transgender tetap mengalir mencakup:
  • "tentang berkaitan atau keterkaitan, menetapkan seseorang yang identitasnya tidak sesuai dengan pengertian yang konvensional tentang gender laki-laki atau perempuan, melainkan menggabungkan atau bergerak di antara keduanya.

  • "orang yang ditetapkan gendernya, biasanya pada saat kelahirannya dan didasarkan pada alat kelaminnya, tetapi yang merasa bahwa deksripsi ini salah atau tidak sempurna bagi dirinya.

  • "Non-identifikasi dengan, atau non-representasi sebagai, gender yang diberikan kepada dirinya pada saat kelahirannya.
Tidak ada seorangpun yang menginginkan terlahir dengan mengidap penyakit ini, tetapi apa dikata kalau buah karma buruk sudah waktunya dituai, mau atau tidak mau, suka atau tidak suka tetap harus diterima dan dijalani. Di negara US, orang-orang seperti ini mendapat perhatian khusus.dalam dunia kedokteran dan telah ditemukan yang namanya TRANSGENDER atau operasi pergantian alat kelamin. setelah operasi ini selesai prosesnya tidak berhenti sampai disini . selanjutnya dilakukan pergantian identitas. proses ini diakui oleh pemerintah US secara legal.

 Transwoman

Ada beberapa tokoh yang dahulunya laki-laki tetapi dipicu oleh kondisi bawaan saat lahir, ataupun lingkungan juga yang membentuk. namun dalam perjalanannya justru sifat dan karakteristik keperempuanannya yang lebih dominan.beberapa di antaranya:

Lili Elbe (1882 - 1931), laki-laki asal Denmark yang dulunya bernama Einar Wegener Mogens, adalah orang pertama di dunia yang melakukan operasi transgender dari laki-laki menjadi perempuan tahun 1930 di Jerman. Meninggal setahun kemudian karena komplikasi transplantasi rahim, tubuhnya menolak menerima penanaman rahim di perutnya, pun hormon estrogen perempuan tak bisa berkembang di tubuhnya karena meski kelaminnya sudah diangkat, hormon testosteron laki-laki yang masih bercokol itulah yang melakukan penolakan. Lagipula, dunia kedokteran dulu belum secanggih sekarang.

Roberta Cowell (21 Mei 1921), pilot Inggris untuk pesawat Spitfire saat Perang Dunia II. Dulunya bernama Robert Cowell. Ia juga orang pertama di Inggris yang melakukan operasi transwoman laki-laki menjadi perempuan pada tanggal 15 Mei 1951. Kejadian ini menggegerkan Inggris dan pro-kontra atas tindakan transgender Cowell bermunculan di mana-mana. Media pun tak luput mengulasnya sebagai berita yang unik dan tak lazim, bahasa lain dari ‘pasti menarik perhatian pembaca dan pemirsa’.


Lynn Conway (10 Januari 1938) asal Amerika, ilmuwan, pakar komputer, peneliti dan orang yang menemukan kinerja prosesor komputer saat ia bekerja untuk IBM. Di tahun 1968 saat ia memutuskan untuk transgender menjadi perempuan, Conway dipecat dari IBM. Menikah tahun 2002 dengan laki-laki dan setelah pensiun dari pekerjaannya ia menjadi aktivis transgender di organisasi tertua dan terbesar kumpulan orang-orang transseksual, National Gay and Lesbian Task Force.

Deirdre Mc Closkey (lahir tahun 1942), ekonom Amerika Serikat dan staf pengajar di University of Illinois di Chicago (UIC). selain di UIC, ia juga jadi guru besar bidang Ekonomi, Filsafat, Sejarah, Bahasa Inggris, dan Seni dan Budaya, di Erasmus University, Rotterdam. dulunya ia bernama Mc Closkey Donald N dan melakukan operasi transgender dari pria menjadi wanita di tahun 1953 saat usianya sudah 53 tahun. cukup riskan sekali memang, tapi ia justru bahagia dengan jenis kelamin yang sekarang sebagai perempuan.

Dorce Gamalama (21 Juli 1963), meski Dorce bukan orang yang pertama di Indonesia yang melakukan operasi transseksual dari pria menjadi wanita di RS Dr. Sutomo Surabaya tahun 1983,  tapi ia orang yang berani membeberkan pada publik dan media tentang jati dirinya. operasi penggantian kelamin mantan pria yang dulunya bernama Dedi Yuliardi Ashadi ini dipimpin oleh guru besar luar biasa bagian Ilmu Bedah Plastik Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga, Prof Dr dr Djohansjah Marzoeki Sp BP.
  Transman

Istilah untuk perempuan yang mengganti kelaminnya jadi laki-laki. Alasan yang juga sama seperti Transwoman, dipicu oleh kondisi bawaan saat lahir, pun lingkungan juga yang membentuk.

Banyak tokoh-tokoh dunia yang dikira laki-laki justru dulunya adalah perempuan, beberapa di antaranya:

Laurence Michael Dillon (1 Mei 1915 - 15 Mei 1962), terlahir dengan nama Laura Maud Dillon. Ia adalah dokter asal Inggris yang jadi orang pertama di dunia yang melakukan operasi phallopslasty atau pembentukan alat kelamin pria di tubuhnya. Operasi itu dilakukan oleh rekan seprofesinya sesama dokter, Dr. Harold Gillies di tahun 1945. Saat hormon estrogennya diangkat dan disuntikkan hormon testosteron, muka Dillon mulai tumbuh kumis dan janggut. Di akhir hidupnya ia memeluk agama Buddha dan menjadi biksu di vihara Sarnath, Bengal, Calcutta. Ia pun mengganti namanya menjadi nama Buddha, Lobzang Jivaha.

Ben A. Barres, terlahir dengan nama Barbara Barres, adalah orang Amerika yang menjadi staf pengajar dan ketua departemen Neurobiologi di Stanford University School of Medicine. Mengganti kelaminnya dari perempuan menjadi laki-laki di tahun 1997. Berita tentang transgender dirinya ramai diulas media Amerika, bahkan rekan seprofesinya sesama ilmuan dan pengajar di perguruan tinggi banyak mengkritiknya.

Aaron H. Devor asal Kanada, sosiolog dan seksolog untuk transgender dari University of Victoria di mana juga menjabat sebagai dekan pendidikan pascasarjana. Buku pertamanya, Gender Blending: Confronting the Limits of Duality, yang diterbitkan oleh Indiana University Press, membahas masalah konstruksi sosial gender pada masyarakat, dalam hal ini adalah kehidupan perempuan yang beralih menjadi laki-laki sebagaimana dirinya. Ia juga pendiri Yayasan Pendidikan Erickson, yang memperjuangkan tematikal transgender untuk jadi kesadaran publik.

Brandon Teena (12 Desember 1972 - 31 Desember 1993), seorang wanita yang menganggap dirinya pria dengan kisah hidup yang sangat tragis. Terlahir dengan nama Renae Teena Brandon, hadir ke dunia sebagai perempuan yang mempertanyakan peran dirinya di kehidupan. Ia kerap protes di sekolah tentang pantangan pergaulan bebas pria dan wanita, mempertanyakan masalah gender dan mendebati pendeta-pendeta gereja tentang masalah transgender. Teena mengalami masalah kejiwaan mengakut dalam hal transseksual, kerap menyamar sebagai pria untuk berkencan dengan wanita.
Bulan Januari 1982, Teena diperiksa kejiwaannya lewat evaluasi psikiatris, hasil diagnosa menyimpulkan bahwa Teena mengalami krisis identitas seksual yang cukup parah. Ia juga pernah diperkosa oleh saudara laki-lakinya.Akhir hidup yang tragis, Teena belum sempat operasi transgender menjadi pria, lagi-lagi ia diperkosa bahkan sampai dibunuh oleh sekelompok orang yang memanfaatkan kelainan kejiwaan di dalam dirinya.Kisah hidupnya diangkat ke layar lebar oleh sutradara Kimberly Peirce dalam film Boys Don’t Cry di tahun 1999 dan memenangkan banyak penghargaan, antara lain Academy Awards, Golden Globe Awards, BAFTA Awards. Bukan cuma itu, jauh sebelum kisah tragis Teena terjadi, Michael Dempsey, Robert Smith, dan Lol Tolhurst dari band Inggris, The Cure sudah menciptakan lagu Boys Don’t Cry di tahun 1979.

jangan pernah puas

terkadang ketika kita menginginkan sesuatu disana terdapat air mata , perjuangan yang mahal , ada juga dari kepahitan dia coba bangkit tanpa perdulihkan apapun yang ada didepannya dia terus melangkah dengan iringan harapan dan doa kalau besok boleh lebih indah dari hari ini,ketika itupun belum didapati rasa resah,putus asa,tidak percaya diri,pasrah yang didapat kecewa dan kekecewaan lagi dan perjalanan itu masih panjang tetapi kecemasan,kekecewaan dan pikiran yang ga jernih seolah jadi penguasa akan diri ini.terkadang kita diminta untuk melihat apa telah kita susun apa sudah tepat,jangan salah artikan kerikil-kerikil  bersambung

 ANAK PANCINGAN,,,!! 

sedihnya jika mendengar anak ada y istilah pancingan
saat memutuskan berumah tangga pasti yg diharapkan ialah keturunan lalu banyak cara ditempuh untuk mendapatkan keturunan tersebut,salah satunya anak pancingan saat dalam keluarga besar punya keponakan'' banyak kita akan memilihnya satu yg kita sukai diantaranya dan menganggapnya atw angkatnya menjadi anak kita sendiri..terkadang naluri kita bohong setelah mendapatkan keturunan lupa dan mengatakan sejarah mendapatkan anak dg ''ank pancingan'' dan lupa janjinya lalu menjadikan anak itu seperti pembantu dg gaji disekolahkan dan makan''an sisah bahkan basi serta perbedakan mulai ketara diantara anak''..soh jadi pertimbangkalah disaat kita mau ambil anak karna ternyata tidak semua wanita tercipta mempunyai nurani seorang ibu yang bisa mencintai anak'' org lain yang bukan sedarah seperti anaknya sendiri..karna perbedaan pasti akan ada..renungan pagi q cobalah memandang senyum anak'' itu lembut dan tulus karna didalam jiwanya murni tdk seperti kita yang dewasa jadi jangan tekan kebebasan masa kanak-kanaknya dengan masalah org dewasa tetapi bimbinglah dengan goresan tinta kasih sayang agar itu lah yang kita terima dari mereka..


NILAI KEJUJURAN

cintai lah segala kebaikan dan kebenaran juga kejujuran dalam aktivitasmu maka pintu kepuasan,kebahagian dan nikmat kekal pasti direstui Tuhan dalam mengarungi langkahmu dan bencilah segala keburukan yang hanya mengotori pikiran dan hatimu untuk berbuat kecurangan,mengasut orang lain,cemburu bahkan melukai hati dan mengancurkan pekerjaan orang lain sesungguhnya itu hanya meninggalkan kesia-siaan,mengurangi persaudaran, lambat laun orang akan menilai kepribadian kita sesungguhnya akan terlihat juga aslinya

KACA

jika kita berkaca akan diri kita maka kita tidakkan pernah bermegah diri dan mungkin juga cepat puas, sesungguhnya jika kita dikasih kesempatan memiliki dan mendapatkan segalanya apapun di dunia ini. disini sesungguhnya kita dituntut pertanggung jawaban dan kerendahan hati dan coba pandanglah sekelilingmu dengan senyum tulus-ikhlas dan bagikan yang ada padamu bahkan sekalipun yang kamu sayangi dan sukai berikanlah semuanya untuk memuliakan Tuhan bukan menyombongkan dengan bermegahkan diri atas kepintaranmu jika itu tak bermanfaat bagi orang banyak maka sia-sia ilmumu didunia ini.

apakah pernah kamu membayangkan seperti apa saat kamu berpulang kepada Sang Penciptamu bersambung

Media sosial _ Gaza Palestina V Israel





Media sosial banyak banget bahas gaza tanpa paham benar..Dengan memampang foto anak'' tak berdosa yg meninggal dan kepala berlinang darah jg pecah dengan shear kembali pada orang banyak. Coba rasakan dg hati seandai nya itu keluarga kita yg dipampang atwpun keluarga nya atwpun anak tersebut blm lah tentu terima akan foto itu dipublikasikan dan dijadikan bahan belaskasihan dengan berselimut kan kedengkian pada lain pihak, juga roh anak'' tak berdosa tersebut tidak akan lah tenang jika seandainya dapat melihat apa yg dipublikasikan tentang diri mereka. Bukanlah pahala yg didapat dg menghakimi satu bela pihak, Pada hal niat baik tapi dampak belumlah tentu baik. dari pada hanya ulasan lidah tak bertulang yg mengatakan amen dengan menimbulkan amarah dihati, lebih baik mari kita satu hati tanpa pandang apa agamamu tak putus''nya memanjatkan doa untk ketenangan jiwa anak ''tak berdosa agar diterima disisi Tuhan . sesungguhnya Tuhan maha tau solusi atas palestin dan israel karena sejarah mereka ada dalam kitab suci kita masing''pun telah tertulis bukan. Salam damai dan selamat pagi. sifat manusiawi banget.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar